Indonesia Semakin Diminati Turis Asing, Kenaikannya Capai 33 Persen

Indonesia Semakin Diminati Turis Asing, Kenaikannya Capai 33 Persen


Jakarta

Indonesia yang dibalut alam hingga budaya yang beragam tetaplah menarik bagi turis asing. Buktinya ada kenaikan pencarian sebanyak 33 persen dalam semester pertama 2024.

Data itu berasal dari akumulasi pencarian yang ada di platform online travel agent, Agoda. Tak hanya itu, lebih mengerucut, dikatakan pula bahwa pencarian turis asal Eropa untuk berlibur ke Indonesia juga naik sebesar 23 persen pada 2024 dibanding 2023.

“Pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi Agoda menunjukkan kenaikan 33% terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia. Top search inbound berasal dari Singapura, Malaysia, Eropa, Australia, dan Korea Selatan,” kata Senior Country Director Agoda untuk Indonesia, Gede Gunawan, kepada jurnalis di Jakarta, Selasa (6/8/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agoda yang memiliki jaringan 4,5 juta akomodasi, mulai dari hotel hingga rumah di seluruh dunia menyatakan bahwa sebagian besar pencarian Indonesia dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

“Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan,” kata Gede.

Senior Country Director Agoda untuk Indonesia, Gede GunawanSenior Country Director Agoda untuk Indonesia, Gede Gunawan (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.

“Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah. Agoda mendukung target tersebut dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan Indonesia,” kata Gede.

“Agoda sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik,” imbuh dia.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.

Agoda dikatakan telah secara aktif bekerja sama dengan Kemenparekraf dan menjadi mitra resmi ‘Wonderful Indonesia’. Agoda turut memperkuat industri pariwisata tanah air dengan membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.

Selanjutnya Data Kunjungan Wisman BPS



Source link

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *